Type something and hit enter

author photo
By On
Catatan Baihaqi | Tak dipungkiri, korupsi adalah salah satu persoalan yang sedang mendera negeri ini. Bukan saja dapat merugikan keuangan negara, kejahatan yang dikenal dengan extra ordinary crime dapat meruntuhkan nilai-nilai kemasyarakatan.
Peran Jurnalis dalam Pemberantasan Korupsi
Genderang perang melawan korupsi sudah sangat lama ditabuhkan. Jauh sebelum KPK dibentuk, Pemerintah melahirkan berbagai lembaga untuk memberantas korupsi. Namun faktanya, hingga sampai saat ini korupsi masih sangat gagah berdiri.

Jika telisik lebih jauh, penyebab kejahatan korupsi yang masih mencengkram kuat adalah sanksi hukum yang masih sangat rendah untuk setiap pelakunya. Ditambah lagi partisipasi berbagai kalangan belum secara maksimal terimplementasi.

Perlu digaris bawahi, upaya pemberantasan korupsi bukan saja menjadi tanggungjawab aparat penegak hukum. Kita sebagai masyarakat juga memiliki hak untuk terlibat bersama-sama melawan korupsi dengan mengambil peran masing-masing.

Berikut salah satu slide presentasi dengan tema peran jurnalis dalam pemberantasan korupsi yang pernah saya susun. Kebetulan beberapa waktu yang lalu, saya diminta untuk berbagi pengetahuan dan pemahaman tentang tema tersebut di Muharram Journalism College (MJC).
Gunakan tautan http://pendek.id/Ck65MH untuk mengunduhnya. Sebagai informasi, Muharram Journalism College (MJC) adalah sekolah jurnalistik pertama di Aceh yang didirikan oleh Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Banda Aceh pada 22 November 2008. Kelahirannya sebagai bentuk kepedulian AJI Kota Banda Aceh terhadap peningkatan mutu jurnalis di Aceh.