Type something and hit enter

author photo
By On
Catatan Baihaqi | Nama adalah salah satu pemberian orang tua yang akan kita bawa sampai tak lagi menghirup segarnya udara. Tak jarang ada orang tua sampai menyelenggarakan syukuran untuk memberikan kita sebuah nama.

Begitu berharganya sebuah nama, meskipun diluar sana ada ungkapan "apalah arti sebuah nama". Saya pribadi, tidak sependapat dengan ungkapan tersebut dan terkesan berlebihan memaknai dan menghargai sebuah nama.

Logikanya sederhana, suatu saat nanti orang-orang akan mengenang kita dengan nama. Seperti kata pepatah "harimau mati meninggalkan belang, manusia mati meninggalkan nama". Sedang gajah mati meninggalkan gading sudah tidak kompatibel dengan zaman sekarang.

Dalam beberapa kasus, banyak gajah yang mati tapi tidak meninggalkan gading. Seperti salah satu kasus yang terjadi di Bener Meriah Aceh. Gajah Jantan Ditemukan Mati dengan Gading Hilang di Bener Meriah, simak berita selengkapnya di Kompas.com edisi 28 Desember 2018.

Oke, lupakan gajah mati dan kembali lagi ke nama. Beberapa diantara kita mungkin memiliki nama satu kata saja, misalkan saya hanya Baihaqi. Tapi ada juga yang hanya satu karakter, misalkan "N", "Y", "Z". Tidak percaya?? Baca beritanya www.boombastis.com

Selain itu, ada juga namanya yang terkesan unik seperti yang sempat heboh beberapa waktu lalu. Baca beritanya www.idntimes.com. Walau terkesan unik, nama itu tetap harus dihargai karena itu satu-satunya pemberian orang tua yang tidak akan lekang oleh zaman. Baca juga ulasan saya tentang Stimuno untuk Balita

Memiliki nama satu kata, mungkin akan sangat merepotkan. Banyak aplikasi-aplikasi yang meminta diisikan nama pertama dan nama belakang. Misalkan ketika membuat pasport, mengisi aplikasi di internet dan sebagainya.

Sedihnya, ada beberapa aplikasi yang tidak percaya nama satu kata saja. Sehingga berulang kali permohonan untuk pengisian aplikasi ditolak. Biasanya, untuk mengakalinya saya mengisi "no last name" untuk nama belakang.

Bagi kamu-kamu yang memiliki nama satu kata, jangan lupa berbagi pengalaman melalui kolom komentar dibawah. Bisa jadi, pengalaman kamu itu jadi pembelajaran untuk yang lain.